Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anxiety Disorder Adalah: Penyebab, Ciri-ciri, dan Cara Mengatasi!

Apa itu Anxiety Disorder?

Anxiety Disorder Adalah Penyebab, Ciri-ciri, dan Cara Mengatasi!

Arti Anxiety Disorder adalah kondisi mental yang ditandai oleh perasaan cemas, khawatir, gelisah, dan takut yang berlebihan dan sulit untuk dikendalikan. Ini adalah gangguan kesehatan mental yang umum, mempengaruhi jutaaan orang diseluruh dunia. Kecemasan yang normal adalah respon alami terhadap stress atau bahaya. Tapi, pada mereka yang menderita Anxiety disorder, Reaksi ini menjadi tidak terkendali dan berlebihan. Ada beberapa jenis gangguan kecemasan yang umum, termasuk gangguan kecemasan umum (GAD), gangguan panik, gangguan fobia sosial, dan gangguan kecemasn yang berlebihan (OCD).

Penyebab Anxiety Disorder

Penyebab pasti dari anxiety disorder belum sepenuhnya dipahami, tapi ada beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi resiko seseorang untuk mengembangkan gangguan kecemasan ini. Faktor tersebut seperti :
  • Genetic : Kecenderungan untuk mengalami Anxiety Disorder bisa diturunkan dari keluarga, Jika anggota keluarga kamu menderita gangguan kecemasan, Kamu mungkin memiliki resiko yang lebih tinggi mengalami Anxiety disorder.
  • Kimia Otak : Ketidakseimbangan dalam zat kimia otak seperti serotonin, norepinefrin, dan dopamin bisa berkontribusi pada perkembangan anxiety disorder.
  • Stres dan Trauma : Pengalaman stress atau trauma yang parah, seperti kehilangan yang signifikan, pelecehan, atau peristiwa trauma lainnya. Ini bisa saja memicu perkembangan gangguan kecemasan ini.
  • Kepribadian : Orang yang memiliki kepribadian yang cenderung perfeksionis, memiliki kecenderungan untuk merasa gelisah, atau mungkin sensitif terhadap perubahan lingkungan yang lebih rentan terhadap anxiety disorder.
  • Kondisi Medis lainnya : Beberapa kondisi medis seperti penyakit jantung, gangguan tiroid, atau gangguan pencernaan juga bisa berkontribusi pada timbulna kecemasan.

Ciri-ciri Anxiety Disorder

Tanda dan Gejala Anxiety Disorder bisa bervariasi antara individu ya, Tapi ada juga beberapa ciri yang umum yang bisa diidentifikasi seperti :
  • Ketakutan dan Kecemasan Berlebihan : Orang dengan Anxiety Disorder sering merasa takut atau cemas yang berlebihan tanpa alasan yang jelas.
  • Kesulitan mengendalikan Kecemasan : Mereka yang merasa kesulitan mengendalikan kecemasan, bahkan ketika mereka menyadari bahwa kecemasan mereka itu tidak mempunyai alasan.
  • Gejala Fisik : Kecemasan seringkali menyebabkan gejala fisik seperti detak jantung yang cepat, gemetaran, keringetan yang berlebihan, nyeri dada, mual atau sulit bernafas.
  • Ketakutan akan Situasi Sosial : Pada Gangguan fobia sosial, seseorang akan merasa sangat cemas dalam situsai sosial atau saat berbicara didepan umum.
  • Ketakutan akan Situasi Khusus : Pada Gangguan kecemasan spesifik, seseorang mengalami kecemasan yang kuat pada situasi atau objek tertentu, seperti terbang, ketinggian, atau hewan.
  • Gangguan Tidur : Kesulitan tidur, mimpi buruk atau terbangun dengan perasaan cemas adalah gejala umum pada seseorang dengan Anxiety Disorder.

Cara Mengatasi Anxiety Disorder!

Mengatasi Anxiety Disorder Artinya memerlukan pendekatan yang Holistik, dan mungkin bisa melibatkan kombinasi antara terapi Psikologis, obat-obatan, perubahan gaya hidup dan dukungan sosial lainnya. Beberapa cara yang bisa membantu mengatasi gangguan kecemasan antara lain seperti :
  1. Terapi Psikologis : Terapi Kognitif perilaku (CBT) dan terapi berbicara bisa membantu individu mengidentifikasi dan mengatasi pola pikir yang merusak dan mengubah perilaku yang tidak sehat.
  2. Obat-obatan : Dokter mungkin meresepkan beberapa obat seperti antidepresan, benzodiazepin, atau beta-blocker untuk mengelola gejala Anxiety Disorder. Namun, pengguna obat harus dipantau secara ketat oleh dokter yah.
  3. Olahraga dan Gaya Hidup Sehat : Olahraga dengan teratur, pola makan yang sehat, tidur yang cukup dan teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga bisa membantu mengurangi kecemasan ini.
  4. Menghindari Pemicu Kecemasan : Identifikasi situasi atau objek yang mungkin akan memicu kecemasan Kamu, dan hidari jika memungkinkan. Jika itu tidak mungkin, bicaralah dengan seseorang profesional tentang cara menghadapinya.
  5. Dukungan Sosial : Berbicara dengan teman, keluarga, atau siapapun yang dekat dengan Kamu tentang perasaan yang Kamu alami, ini bisa memberikan rasa lega dan bisa membantu mengurangi kecemasan.
  6. Manajemen Stres : Belajarlah dari teknik menejemen stress seperti perencanaan waktu, delegasi tugas, dan pengelolaan ekspektasi bisa membantu mengurangi tekanan yang mungkin akan memicu terjadinya kecemasan.
  7. Konsultasi dengan Profesional : Jika kamu merasa bahwa kecemasan Kamu menggangu kehidupan sehari hari, jangan pernah ragu untuk mencari bantuan dari seorang profesional kesehatan mental.
Arti Anxiety disorder adalah gangguan kesehatan mental yang sering kali diabaikan, yah meskipun memiliki dampakyang signifikan dalam kehidupan seseorang yang menderita. Penyebabnya kompleks dan melibatkan beberapa faktor genetik, kimia otak, stres dan faktor lingkungan, Mengidentifikasi tanda dan gejalanya sangat penting. Karena pengobatan dini dan dukungan yang tepat bisa membantu seseorang untuk mengatasi Anxiety disorder dan memulihkan kualitas hidup mereka. Jika kamu atau seseorang yang kamu kenal mengalami gejala Anxiety disorder, segera mencari bantuan yang mukin bisa mendapatkan kebutuhan yang diperlukan seperti, teman untuk berbicara dan lainnya. Semoga artikel ini membantu kamu untuk mengatasi gangguan kecemasan ini, Terima kasih sudah membaca. Stay Healthy!!
Prawira
Prawira Prawira adalah blog artikel yang diindikasi untuk membantu kamu dalam mengatur keuangan, mencari pengetahuan, mencari tempat travel, dan lain sebagainya

Posting Komentar untuk "Anxiety Disorder Adalah: Penyebab, Ciri-ciri, dan Cara Mengatasi!"